GAMBARAN
SEORANG PENDIDIK DALAM PEMBUATAN BUNGA DARI PITA JEPANG DENGAN MENGUNAKAN
METODE BLENDED E-LEARNING
Dalam
pembuatan bunga dari pita jepang ini membutuhkan bahan dan alat dalam proses
pembuatannya sebagai berikut
Bahan:
Alat:
Disini
saya berperan sebagai pendidik yang akan membelajarkan siswa kelas 3 SMA
tentang pembuatan kreasi bunga yang terbuat dari pita jepang. Agar pembuatan
pita jepang ini dapat berhasil dengan
baik berlangsung selama 1 jam 15 menit, yang nantinya akan dilakukan oleh
peserta didik harus jelas bagaimana tutorial dalam pembuatan bunga ini selain
itu juga ditunjang oleh penggunaan metode serta media yang tepat sebagai
berikut
1.
Metode Ceramah
Pada
menit pertama, memperkenalkan serta memperlihatkan bahan dan alat yang akan
digunakan dalam proses pembuatan serta cara atau proses dalam pembuatan bunga
ini dengan menggunakan metode ceramah. Metode ceramah berlangsung selama 10
menit,pendidik menjelaskan apa saja yang dibutuhkan serta yang diperlukan dalam
pembuatan bunga ini yang didukung oleh infokus. Dengan menunjukan satu persatu
alat dan bahan yang di perlukan serta kegunaan alatnya. Selanjutnya,menyebutkan
tahap-tahap yang akan ditempuh dalam pembuatan bunga ini
a. Potong kawat dengan menggunakan
tang sepanjang 15 cm
b. Lilit kawat yang telah dipotong
tersebut dengan menggunakan doble tip yang berwarna hijau
c. Gunting pita jepang sekitar 10
cm sebanyak 5 lembar yang akan digunakan sebagai kelopak dari 1 tangkai bunga
d. Robekkan pita jepang dengan
menggunakan jarum pentul kecil-kecil jangan sampai putus
e.Rekatkan pita jepang yang telah
di robekan dengan menggunakan pentul tadi ke selotip di bagian ujung depan dan
bawah pita tersebut berderet sebanyak lima
lembar pita jepang yang telah di robekan halus-halus dengan menggunakan jarum
pentul dengan membentuk lengkungan.
f.Tempelkan pita jepang itu ke
kawat yang telah di tempelkan double tip berwarna hijau dengan melingkari sisi
kawat pada bagian atas
g.Rekatkan daun replica di sisi
tengah kawat
2.
Metode Praktek
Jika
metode ceramah yang digunakan ini tidak berhasil metode ke dua yang digunakan
adalah metode praktek yang berlangsung selama 10 menit dengan memperlihatkan
secara langsung proses pembuatan bunga ini. Dengan mempratekkan di depan
peserta didik satu persatu tahap demi tahap yang akan dilakukan dalam proses
pembuatan bunga ini yang dilengkapi dengan media gambar yang akan pendidik
perlihatkan berupa print-out dan juga menempelnya di papan tulis sehingga lebih
jelas peserta didik melihatnya. Gambar yang akan dprint out di dapat dari https://books.google.co.id/books?id=wvZx5Zemzb8C&pg=PA43&lpg=PA43&dq=tata+cara+pembuatan+bunga+dari+pita+jepang&source=bl&ots=_dV_q_J9cc&sig=VbcB2i210BBujzWguVy-d7WsFSU&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=tata%20cara%20pembuatan%20bunga%20dari%20pita%20jepang&f=false
3.
metode Demostrasi
Metode
selanjutya yang digunakan adalah metode demonstrasi dengan mempragakan
proses-proses yang akan dilalui dalam pembuatan bunga ini yang berlangsung
selama 10 menit. Peserta didik diharapkan mengikui tahap demi tahap
pembuatannya yang telah didemonstrasikan oleh pendidik, jika terjadi kesalahan
pada peserta didik, pendidik dapat langsung membetulkan, mempraktekanserta
langsung memberikan contoh yang benarnya.
4.
Metode Tanya Jawab di kreasikan dengan Metode Permainan
Metode
berikutnya yang digunakan adalah metode tanya jawab. Dimana pendidik menanyakan
setiap langkah yang akan dilalui dalam proses pembuatannya. Dengan
memvariasikan metode tanya jawab dengan permainan. Dimana peserta didik akan
diberi spidol kepada peserta didik yang
akan di oper satu persatu ke peserta didik lainnya yang diiringi dengan musik.
Selama spidol itu dioper-oper ke peserta didik lainnya dalam beberapa menit
kemudian pendidik akan memberhentikan secara tiba-tiba musiknya. Pendidik akan
melihat dimana spidol itu berhenti. Bagi peserta didik yang memegang spidol
ketika music berhenti ia akan maju kedepan untuk menjawab pertanyaan pendidik
tentang bagaimana cara yang akan dilakukan setelah tahap ke tiga atau tahap
lainnya tergatung pendidiknya. Bisa juga pendidik menanyakan ke pada peserta
didik bagaimana cara membuat kelopak bunganya yang akan berlengsung selama 25
menit dengan mengumpulkan peserta didik sebanyak 3 orang yang diberi
pertanyaan. Jika peserta didik tidak mampu melakukan apa yang telah
dipertanyakan kepada dirinya peserta didik akan membuat bunga nya labih dari
yang telah ditentukan di awal pertemuan
5. Youtube
Setelah
metode demonstarsi dilalui, agar ada variasi lainnya digunakan media gambar
berupa video yang ditampilkan didepan kelas dengan menggunakan media leptop dan infokus yang
diharpkan pada peserta didik memperhatikan proses demi proses pembuatannya. Selama proses pembuatan bunga
yang ditampilkan dalam bentuk video ini diputar peserta didik tidak boleh
mengerjakan pekerjaannya dengan memfokuskan pandangan serta perhatian ke video.
Dimulai dari pemasangan infokus sampai berlangsungnya video itu selesai. Waktu
yang diperlukan selama 20 menit karena akan diperjelas
lagi oleh pendidiknya.


https://www.youtube.com/watch?v=qllngtAYB4M
Apabila pembuatan bunga dari pita jepang ini belum juga selesai, maka dari itu pembuatannya akan dilanjutkan di rumah sebanyak 10 tangkai bunga beserta pot yang terbuat dari barang bekas yang dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.
Apabila pembuatan bunga dari pita jepang ini belum juga selesai, maka dari itu pembuatannya akan dilanjutkan di rumah sebanyak 10 tangkai bunga beserta pot yang terbuat dari barang bekas yang dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.
Jadi, itulah yang dapat saya sampaikan mengenai gambaran pendidik membelajarkan peserta didik dalam pembuatan bunga dari pita jepang agar peserta didik tidak cepat merasa jenuh ataupun bosan dalam pembelajaran. Nah gunakanlah metode blended e-learning dengan memadukan metode-metode dalam satu pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar