Selasa, 28 Februari 2017

PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN KOMPUTER




1.          Perkembangan Komputer
a.          Komputer Generasi pertama

  Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik
                            pertama didunia yang mempunyai bobot               seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
                           
1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas. 
2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa      Udara (Vacuum Tube).
3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan  dalam memori komputer. 
4. Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
6.Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
7. Prosesnya relatif lambat.
8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
                           10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

b. Komputer Generasi kedua



     Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
ü  Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
ü  Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
ü  Sirkutinya adalah transistor.
ü  Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
ü  Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
ü  berorientasi pada bisnis dan teknik 
ü  Proses operasi sudah cepat

c.  Komputer Generasi ketiga

  Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

d. Komputer Generasi keempat


 Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan  semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
2. Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

e. Komputer Generasi Kelima

          Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html

2. Cara Sehat menggunakan Komputer
1.          Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang
          Faktor lingkungan sangat penting dan sangat menunjang supaya kegiatan berkomputer Anda terasa nyaman dan tidak terganggu. Jika lingkungan Anda bersih, rapi dan tenang, maka secara otomatis Anda juga lebih tenang dan rileks dalam melakukan pekerjaan didepan komputer. Dan dapat Anda bayangkan jika lingkungan Anda berserakan kertas-kertas serta suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda akan sangat terganggu karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan.
2.          Perhatikan posisi duduk
            Posisi duduk yang benar 
saat menggunakan komputer adalah dengan menegakkan punggung anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh, bukan membungkuk, ataupun miring.
3.          Perhatikan posisi monitor
        Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
a. Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
b. Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
c. Usahakan posisi monitor sejajar dengan mata.


d. Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung), maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).

e. Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
4.          Posisi mouse dan kerboard yang mudah dijangkau
    Menempatkan keyboard dan mouse ditempat yang susah dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.
a. Letakkan Mouse dan Keyboard tidak jauh dari tangan Anda sehingga mudah dijangkau dan lengan Anda dapat lebih rileks.
b. Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.


c. Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika     Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.

d. Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
e. Peganglah Mouse dengan santai dan rileks.

5.          Istirahatlah secara periodik
          Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini dapat mengakibatkan badan Anda terasa pegal-pegal dan nyeri pada punggung. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi pegal-pegal dan menambah kenyamanan Anda dalam mengoperasikan komputer.
a. Up (Pemanasan) – Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
b. Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
c.  Gerakkan kepala kekiri dan kekanan secara perlahan jika sudah selesai lanjutkan dengan menggerakkan kepala keatas dan kebawah. Ingat, lakukan secara perlahan.
d. Mengistirahatkan Mata – Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Bisa juga dengan keluar dari ruang komputer Anda, lalu lihat tanaman yang berwarna hijau.
6.          Mengurangi Kecerahan pada Layar
   Cara sehat menggunakan komputer yang benar pertama adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar. Layar yang terlalu cerah dapat mengganggu kesehatan mata, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu ketika Anda sering berada di depan komputer dalam waktu yang lama sebaiknya mengurangi intensitas cahaya pada monitor dengan cara menurunkannya sedikit.

7.          Memasang Pelindung Layar
       Cara sehat menggunakan komputer yang kedua adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar dapat dipasang pada monitor komputer yang berfungsi untuk melindungi mata ketika menatap layar monitor dalam jangka waktu lama. Menatap monitor dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, serta mata minus untuk waktu tertentu. Oleh sebab itu jangan lupa memasang pelindung layar jika aktivitas di depan komputer Anda tinggi.
8.          Perhatikan Posisi Duduk
     Cara sehat menggunakan komputer berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi duduk. Posisi duduk juga turut mempengaruhi ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku. Sementara kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 sampai dengan 60 cm dari monitor.

9.          Melakukan Pemanasan Ringan


            Untuk poin yang keempat ini adalah melakukan pemanasan ringan seperti berjalan sejenak. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat relaksasi sejenak. Nah untuk Anda yang bekerja di kantoran yang terbiasa berhadapan dengan komputer 8 jam setiap harinya, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak dengan berjalan beberapa menit agar tubuh tidak terlalu capek duduk dan berhadapan dengan monitor.

10. Menghindari Penggunaan Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya
            Cara sehat menggunakan komputer yang terakhir adalah menghindari penggunaan komputer di ruangan yang minim akan cahaya. Penggunaan komputer dengan kondisi cahaya kurang juga dpaat menyebabkan permasalahan pada mata seperti mata minus. Oleh karena itu ketika menggunakan komputer meski dalam waktu sebentar usahakan ruangan mendapatkan penerangan yang memadai.

3. Perangkat Komputer dan Manfaatnya
              1. Monitor


Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer

2. CPU (Central Processing Unit)
           
    CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
   3. Printer

   Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.







              
  4. Scanner

       Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
5. Mouse
   Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.





      
 



6. Keyboard

      Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.
                
7. Speaker

Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran















             
8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.




              
9. Stabilizer

   Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.
         
 


10. Harddisk

    Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.
 
11.RAM/ModulMemori

       Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

 






12. Power Supply

        Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
              
         
           

26. Video Adaptor atau GPU

Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.




13. Kabel Data

     Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.
           








             
14. Kabel VGA

         Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.










     
15. Fan / Kipas

       Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk








             
           
16. LAN Card

      Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN
·                  
        
17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
              

              
18. Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
             
              
19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
              
          
20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.
               
21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.
         
22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
         
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data
           

              24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.
            
               
25. Joystick
Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.
      
27. Sound Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
     
28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan

http://iqraulfash.blogspot.co.id/2015/03/memahami-perangkat-komputer-dan.html 
 

            

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar