Rabu, 22 Februari 2017

TIK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SEBAGAI TUTOR DAN WARGA BELAJAR


1.  KONSEP KOMUNIKASI DI DUNIA MAYA
       Komunikasi adalah proses penyampaian dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) sehingga terjadi kesamaan pengertian atas pesan.Dalam pengertian umum sekarang ini, dunia maya adalah istilah komprehensif untuk world wide web, internet, milis elektronik, kelompok-kelompok dan forum diskusi, ruang ngobrol (chatting), permainan interaktif multi-player, dan bahkan e-mail (Turkle, 1995).
        Dengan demikian, yang dimaksud dengan komunikasi dunia maya adalah komunikasi yang dilakukan tidak dalam bentuk tatap muka langsung, akan tetapi interaksi mengirim atau menerima pesan atau informasi melalui internet.
A.            Fungsi Komunikasi Dunia Maya
         Dunia Maya atau yang sering disebut dengan Media Maya atau internet adalah salah satu media atau dunia virtual yang sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orang dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat kebutuhan yang beragam, sehingga Internet lebih cenderung disebut dengan Dunia Maya atau Cyber World, dengan fungsi yang beragam antara lain:
· Menghubungkan orang dengan komputer, contohnya: Remote connections untuk pengecekan terhadap sekian banyak servers (belasan) yang tersebar di beberapa tempat (kota dan negara)
- Menghubungkan komputer dengan komputer, contohnya; Remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN di network tertentu.
·   Menghubungkan orang dengan bank, contohnya: Internet Banking, dan sebagainya.

B.            Teori yang Melandasi Etika dalam Dunia Maya
       Ketika berinteraksi atau berkomunikasi dengan dunia maya memang tidak ada batasan ruang dan waktu. Meskipun demikian, sebaiknya juga harus diperhatikan bagaimana etika yang baik. Dalam beretika ada beberapa teori yang melandasinya, teori yang melandasi beretika tersebut antara lain:
·               Utilitarisme
            Utilis berarti ”bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat secara keseluruhan
·               Deontolog
            Istilah ”deontologi” ini berasal dari kata Yunani deon yang berarti kewajiban. Perbuatan tidak pernah menjadi baik karena hasilnya baik, melainkan hanya karena  wajib dilakukan. Perbuatan tidak dihalalkan karena tujuannya. Tujuan yang baik tidak menjadikan perbuatan itu baik. Kita tidak pernah boleh melakukan sesuatu yang jahat supaya dihasilkan sesuatu yang baik.

·                 Teori Hak
            Sebenarnya teori hak merupakan suatu aspek dari teori deontologi, karena hak berkaitan dengan kewajiban.
·               Teori Keutamaan
            Teori   ini   adalah   teori   keutamaan   (virtue)   yang   memandang   sikap atau akhlak seseorang. Tidak ditanyakan apakah suatu perbuatan tertentu adil, atau jujur, atau murah hati, melainkan: apakah orang itu bersikap adil, jujur, murah hati, dan sebagainya. Velasquez (2005).
C.            Etika Dunia Maya
 Pengertian Etika
            Pengertian etika. Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal dari bahasa Yunani yaituEthos yang berarti kebiasaan, watak. Etika memiliki banyak makna antara lain:
a)      Makna pertama: semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos kerja, kode etik kelompok profesi.
b)      Makna kedua: norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik-benar.
c)      Makna ketiga: studi tentang  prinsip-prinsip perilaku yang baik dan benar   sebagai   falsafat   moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.
            Etika juga memiliki pengertian  arti yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu. Bagi ahli falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah hal-hal yang benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia. Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu. Bagi ahli falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah hal-hal yang menyangkut moral, dan moral adalah sistem motivasi, perilaku dan perbuatan manusia yang dianggap  baik dan buruk.

1.      Hubungan Etika dengan Dunia Maya
            Etika di Internet dikenal dengan istilah Netiquette (Network Etiquette), yaitu semacam tatakrama dalam menggunakan Internet. Etika lebih erat kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi, tak semua pengguna Internet mentaati aturan tersebut. Namun ada baiknya jika kita mengetahui dan menerapkannya. Dibawah ini ada beberapa etika yang dapat diterapkan secara umum antara lain:[3]
a.      Kesan Pertama di Tangan Anda
            Di dunia nyata, orang seringkali menilai seseorang dari penampilan, sebelum mengetahui perangai yang sebenarnya. Oleh karena itu, banyak yang mengutamakan penampilan untuk mendapatkan kesan terbaik. Tangan Anda akan menghasilkan tulisan yang memberikan kesan pada orang lain. Tulisan yang ringkas, jelas, tetapi menggunakan tata bahasa yang benar akan lebih dihargai daripada tulisan yang asal ketik. Di Internet, editor tulisan Anda adalah Anda sendiri. Pengetahuan dasar tata bahasa akan menjadi modal Anda ketika ber-internet.
b.      Hindari Penggunaan Huruf Kapital
            Menggunakan huruf kapital (uppercase) tidak dilarang. Tetapi jika berlebihan, misalnya sampai satu alinea, apalagi diimbuhi dengan tanda seru, orang akan malas membacanya. Huruf kapital juga seringkali dianalogikan pada suasana orang yang sedang emosi, marah, atau berteriak-teriak. Jadi, gunakan huruf kapital hanya untuk penegasan pada kata tersebut.[4]
c.       Memberi Judul dengan Jelas
            Ketika mengirim sebuah email, Anda harus memberikan judul pada email tersebut. Seperti halnya tulisan pada koran atau majalah, judul harus menggambarkan isi tulisan. Judul inilah yang pertama kali dilihat oleh penerima email. Judul seperti “Mau Bertanya”, “Tanggapan”, dan sebagainya, cenderung diabaikan karena tidak spesifisik.
d.      Menggunakan BCC daripada CC pada Email
            Alamat email adalah bagian privasi seseorang. Beberapa orang mungkin kurang suka jika alamat email-nya disebarkan kepada umum. Mengirim email ke banyak alamat menggunakan CC memungkinkan penerima mengetahui setiap alamat email yang kita kirim. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan BCC jika mengirimkan email secara masal.
e.       Membalas Email dengan Cepat
            Idealnya membalas email paling lambat 24 jam setelah email itu diterima. Jika belum sempat membalas, beritahu pengirim bahwa kita akan membalasnya di kemudian hari.
f.        Membaca Dulu, Baru Bertanya
            Ada kalanya kita ikut bergambung pada sebuah forum diskusi di internet yang membahas salah satu bidang ilmu. Setiap pertanyaan dan jawaban pada forum selalu diarsipkan untuk dibaca kembali oleh anggota forum. Usahakan agar kita membaca dulu apa yang sudah dibahas pada forum tersebut sebelum bertanya.
D.            Dampak Komunikasi Dunia Maya
a.      Dampak Positif:
1.      Memperluas ilmu pengetahuan
Berbagai pengetahuan dapat diperoleh melalui internet. Informasi-informasi terupdate di seluruh dunia bisa nikmati dan kita pelajari.  Bahkan tidak sedikit para pengguna internet memanfaatkan browser sebagai bahan referensi.
2.      Memperluas pergaulan
Dengan adanya dunia maya, memang banyak situs web yang menyediakan layanan pertemanan atau biasa di sebut jejaring sosial. Hal ini juga bisa berlanjut sampai kita bertemu dengan teman yang kita kenal di dunia maya dan di dunia nyata.
3.      Mengembangkan daya pikir otak
4.      Lebih bisa mengatur waktu
Jika kita menjelajah dunia maya di warung internet, di kamar, atau di mana saja otomatis kita harus lebih bisa mengatur waktu.
5.      Mendapatkan informasi terupdate
Faktanya sesuatu yang ada di internet lebih cepat update dari pada yang terdapat di televisi ataupun radio.

b.      Dampak Negatif
1.      Lupa waktu
2.      Memiliki sifat individualis
3.      Kurangnya sosialisasi di dunia nyata
4.      Tidak mementingkan keadaan sekitar
5.      Berpeluang besar kecanduan bermain di dunia maya
6.      Tingkat kriminalitas semakin besar
7.      Berkurangnya kesehatan jika terlalu lama bermain di dunia maya
8.      Tidak sedikit konflik yang muncul di dunia maya di bawa dan mempengaruhi kehidupan serta pergaulan dunia nyata.
9.      Dapat mengganggu aktifitas di dunia nyata
10.  Menguras dompet buat bayar koneksi

2.             MANFAAT KOMUNIKASI VIRTUAL

        Menurut Rusman, dkk. dalam bukunya Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi menjelaskan ada sejumlah manfaat  berkomunikasi yang dilakukan secara virtual, diantaranya:
ü   Cepat, komunikasi atau pertukaran informasi bisa dilakukan dengan cepat. Meski pun jarak jauh, tidak perlu menunggu waktu lama.
ü   Mudah, apabila sudah menguasai teknis operasioanal komputer dan fasilitas pendukung, proses komunikasi dapat dilakukan dengan mudah.
ü   Bisa dilakukan secara real time dan un real time. Secara real time artinya komunikasi dilakukan secara langsung, yaitu komunikator dan komunikan berinteraksi dengan waktu yang sama tanpa adanya penundaan waktu untuk memberi respons pesan yang diterima. Sedangkan un real time yaitu kebalikan dari real tme. Ada penundaan waktu untuk memberi respons pesan yang diterima.
ü   Bisa individual atau grup sesuai keperluan.

3.            JENIS-JENIS KOMUNIKASI TIK DALAM PENDIDIKAN

Jenis-jenisKomunikasi
        Ada empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan,yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas E-mail, Milis,Chatting, dan Facebook. 
           1.      E-mail
        E-mail merupakan kependekan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia artinya surat elektronik.Kata e-mail itu sendiri merujuk pada dua hal, pertama e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik.Ada beberapa aplikasi e-mail antara lain Yahoo Mail, Gmail, Hotmail AOL,Sina,126,163,Daum dan sebagainya.Program ini digunakan untuk membaca, mengirim, dan menyimpan e-mail. Kedua e-mail yaitu surat elektronik.Surat elektronik adalah surat yang dibuat,dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet. 
2.      Milis 
         Milis atau mailing list adalah layanan di dalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail. Salah satu penyedia mailing list(server) yang paling terkenal adalah Yahoo.Untuk bisa melakukan diskusi di mailing list,kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list,misalnya di Yahoo Groups.Apabila sudah banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan kelompok baru kita,disini kita harus bisa mengelola keberadaan paramilis. Diantaranya pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota (member),moderator atau sebagai owner.Termasuk menghapus dari keanggotaan milis.

3.      Chatting 
         Chatting merupakan kata bendadari kata kerja chat (inggris) artinyangobol. Chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk ngobrol atau berinteraksi via internet.Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan program ini,yaitu komunikasi lewat tulisan, komunikasi dengan suara, komunikasi dengan gambar, bisa mengirim file,juga bisa mengirim pesan singkat(sms).Chatting bisa dilakukan berdua saja ataurame-rame dengan banyak orang untukngobrol dengan banyak orang bisa menggunakan fasilitas chatt room. Chatting bisa dilakukan karena adanya perangkat lunak atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger, Icq, GotoWorld, Yahoo messenger, dan yang lainnya.Perangkat yang paling banyak digunakan adalah Yahoo messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat lewat suara (voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam), melakukan panggilan dari komputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke komputer(phone to PC call), ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio online(launch cast radio),mengirim file(file transfer),bermain game dengan lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan  beberapa orang sekaligus (conference) dansebagainya.


4.      Facebook
      Facebook merupakan salah satu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, disamping program lainnya.Pencetus dan pengembang program aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Harvard. Tujuan awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuksaling mengenal antar mahasiswa Harvard, saling mengenal jati diri sekampusnya dengan tanpa harus bertatap muka langsung. Merujuk pada penjelasan team Cyber (2009) dalam 30 menit Membongkar Rahasia Facebook ,terdapat sejumlah kelebihan yang dimiliki facebook dibanding dengan program jejaringsosiallainnya,yaitu:
  • Umumnya data profile di facebook real,karena sebagai personal press release dan meningkatkan jaringan pertemanan.
  • Updating data di facebook dapat dilakukan dengan mudah,bisa melalui personal computer(PC),laptop,smartphone yang terhubung ke internet danhandphone.
  • Tag atau penamaan yang saling terhuung untuk foto-foto, sehingga bisa menjadi media awal untuk saling berkomunikasi dengan teman-teman lama.
  • Pengorganisasian kegiatan untuk updating facebook lebih mudah karena ada pemberitahuan (notifikasi) tentang banyak hal sehinnga mudah untuk mengetahui tambahan reaksi teman-teman di facebook seja log in yang terakhir.Notifikasiitumisalnyaadateman yang menyetujui menjadi teman (accept friend),teman yang menulis pesan (wrote a wall) dansebagainya.
  • Notifiksiatau alert (pemberitahuan sesaat) dapat juga dilihat di alamat e-mail yang terdaftar.
  • Dengan facebook dimungkinkan juga untuk chatting satu orang dengan satu orang (one to one),meskipun belum ada feature untuk chatting secara bersama.
  • Bisamembuat group sesuai dengan keinginan,sehingga memudahkan untuk mengelompokkan rekan sesuia dengan klasifikasi tertentu.Misalnya menurut hobi,sekolah,pekerjaan,dan sebagainya.Pengelompokan ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan temapembicaraan, sehingga komunikasi bisa lebih terarah.
  • Terdapatfasilitas wall to wall ataupenulisanpadadinding,yaitu   menuliskanpesanpublikketemanfacebook yang memungkinkanuntukmemberikannilaipositifatastemantersebut.   Dapatmengirimpesansecaraterbatas.Dalamfacebookadatigakategoripengirimanpesanyaitukirimkesatuorang,kirimkesemuaanggotagrup,kirimkhususuntukadmin,dankirimkekelompokrekan-rekan (conference).
  • Dapatmengaturpertemuanmelaluipenggunaanfasilitasmembuatacara (create event) dansekaligusjugadapatmengundangteman-teman yang dikehendaki.Dalam feature inibisamemberikangambaran yang cukupmenyeluruhtentangacara yang akandiselenggarakan,misalnyadeskripsiacara,foto,danvideo.Selaindaripadaitu,siapasajateman yang bisahadir,mungkinhadir,ataumasihdalamkonfirmasijugabisadilihat.   Dapatmencariataumengundangtemanhanyadengantahuemailnya,namanya,sekolahnyaatauinformasipentinglainnya.
  • Memungkinkanmencariteman lama melaluifasilitas menu People You May Know.Teman lama bisadicaridarijaringan yang sudahmenjaditemanfacebook,biasanyalengkapdengafoto,teman yang bersesuaian (mutual friend) ataudenganmengirimpesnpribadiuntukpenegasan.
  • Memungkinkankitauntukmelihatacara yang akankitahadiridantemanfacebook yang akanulangtahun,pada menu Events and Bithdays.
  • Mengundangtemanbisadilakukandenganlebihmudah,cukupdenganmemasukkanalamat email danpasswordnya.
  • Bisa membuka ruang kesempatan berkomunikasi lebih lanjut atau luas untuk pengembangan dan memperkuat proses jejaringsosialmelaluiapplication. Diantaranya untuk kampanye kegiatan sosial, periklanan, pencarian dana, game, dan sebagainya.
  • Memungkinkan memberikan informasi yang luas untuk press release pribadi, terutama memberikan demokratisasi hubungan antar manusia. Hal ini mungkin dilakukan karena dalamfacebook terdapat menu profile sub menu info
  • Terdapat update semacam micro blogging, merupakan press release pribadiatas semua kegiatan kita secara live.Apabila kita meng-update informasi yang berkaitan dengan diri kita,termasuk tentang suasana hati kita,hal ini bisa memberikan rasa kedekatan diantara teman-teman kita yang membacanya.Bisa saling memberikan masukan atau saling menguatkan.
  • Menu lainnya yang selalu berkembang sehingga memungkinkana danya ruang yang cukup luas untuk berekreasin dan berinovasi dalam membuat press release pribadi yang bisa digunakan atau berfungsi sebagai pemasaran diri.
http://fitriandrianmyblog.blogspot.co.id/2015/06/tik-sebagai-sarana-komunikasi-bagi.html
 

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California - Mapyro
    Harrah's 경주 출장샵 Resort 고양 출장샵 Southern California. 고양 출장안마 Resort Location. Mountain View. Valley Center, CA 92082. 상주 출장안마 Phone: (760) 777-4210. Funner. 제천 출장안마 Add to My Calendar.

    BalasHapus