Rabu, 08 Februari 2017

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SERTA MANFAAT TIK BAGI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH


1.  Hakikat Teknologi informasi
a.       Defenisi Teknologii Informasi

Informasi adalah fakta dan gagasan yang dikemukakan dalam bentuk yang bermakna biasanya sebagai angka, teks, suara, atau citra. Pengolahan informasi merujuk pada urutan tugas yang harus dilakukan untuk menghasilkan informasi:
a.       memperoleh atau mengadakan fakta
b.      menyimpannya
c.       mengolahnya
d.      mengkomunikasikan hasil pengolahan
Deni          Darmawan       menjelaskan 5 ciri dari informasi yang bisa memberikan makna bagi pengguna, diantaranya.
a.  Quality of Information (Kualitas Informasi), artinya informasi yang diolah oleh sistem    pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan kualitas informasi.
b.  Recency of Information (Informasi Aktual), berarti informasi yang diolah oleh sistem pengolahan tertentu mampu memenuhi kebutuhan informasi baru.
c.    Relevance of Information (Informasi yang relevan atau sesuai).
d.    Accuracy of Information (Ketepatan Informasi).
e.    Authenticity of Information (Kebenaran Informasi)
Teknologi informasi adalah penggunaan teknologi terutama dengan bantuan mikroprosesor untuk melaksanakan tugas pengolahan informasi. Teknologi informasi adalah suatu yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, meyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Berikut defenisi teknologi informasi menurut ahli
1.Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.
3.Williams dan Sawyer (2003) TI adalah teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.
4.Lucas (2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis
5. Kamus Oxford( 1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar .
b. Ruang Lingkup Teknologi Informasi
1. Teknologi Masukan
      Teknologi masukan adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap data/informasi dari sumber asalanya. Contohnya joystick, keyboard, mouse, dan barcode scanner


2.      Teknologi keluaran
Supaya dapat diterima oleh pemakai yang membutuhkan, informasi perlu disajikan dalam berbagai bentuk. Dalam hal ini, teknologi keluaran mempunyai andil yang cukup besar, Pada umumnya, informasi disajikan dalam monitor. Namun, kadang kala pemakai menginginkan informasi yang tercetak dalam media cetak (hardcopy)
 






3.  Teknologi Perangkat Lunak
Untuk menciptakan informasi, diperluakn perangkat lunak atau sering disebut program.Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras computer. Perangkat lunak merupakan program-program computer yang berguan untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.

4.  Teknologi Penyimpan
Faktor yang harus diperhatikan dalam memilih tempat penyimpanan adalah
·         Besar data dan jumlah peningkatan penyimpanan data
·         Kecepatan akses data
·         Pertimbangan di akses oleh server atau tidak
·         Uptime dan downtime
·         Harga

5. Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi terdiri dari perangkat keras dan pernagkat lunak yang menyebarkan informasi dari satu ketempat lain. Teknologi ini dapat meyebarkan teks, data, grafik, suara, dokumen, atau video

6.  Mesin Pemroses
Mesin pemroses adalah bagian penting dalam teknolohi informasi yang berfungsi untuk mengingat data/ program (berupa komponen data) dan mengeksekusi program (berupa komponen CPU).

2. Hakikat Teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan     dan disampaikan ke tempat tujuan.
           Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
Teknologi komunikasi merupakan alat yang menambah kemampuan orang berkomunikasi. Peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
          Teknokom (Teknologi Komunikasi) berkembang cepat karena bantuan teknologi elektronika, sehingga proses komunikasi tidak lagi dibatasi ruang dan waktu.
Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat
Teknokom memungkinkan manusia melihat berbagai fenomena sosial yang saling berkaitan dan mempengaruhi., terutama untuk menghadapi masyarakat terbuka (open society).
          Di sisi khalayak (audience), teknokom digunakan untuk mencari, mengolah, membagi, meyimpan, membandingkan, memutakhirkan informasi, sehingga teknokom menjadi sentral dalam proses komunikasi.
Dalam konteks teknologi informasi, komunikasi adalah transfer berita dalam bentuk sinyal elektromagnetis. Bila transfer berita ini berlangsung pada jarak dekat misalnya antara dua peralatan di ruang yang sama, maka komunikasi antara dua peralatan itu disebut komunikasi lokal. Bila berlangsung atas sebuah jarak disebut telekomunikasi.
            Telekomunikasi terbagi atas dua kelas utama yaitu radio/televisi dan jaringan telepon. Jaringan radio/televisi terutama untuk siaran audio dan video sedangkan jaringan telepon didesain untuk suara.
            Komunikasi lokal misalnya antara dua komputer selalu menggunakan sinyal digital sedangkan telekomunikasi lazimnya menggunakan sinyal analog. Digitalisasi  untuk telekomunikasi memilki keuntungan seperti
a.       Tidak memerlukan modem untuk transmisi data komputer
b.      Mengguakan penyambungan paket bukannya penyambungan sirkit
c.       Semua informasi (suara, citra, teks, numerik) dapat dikirim dalam bentuk seragam dan dapat ditangani oleh peralatan yang sama
d.      Informasi dapat ditangani oleh komputer
e.       Pengaburan sinyal dan gangguan derau dapat ditekan serendah mungkin
f.       Serat optik yang memiliki kemampuan komunikasi pita lebar dapat digunakan
Jadi jaringan telepon di berbagai negaratermasuk Indonesia mulai didigitalkan. Ciri utama komunikasi analog ialah penggunaan carrier wave atau gelombang pembawa  yang memungkinkan sejumlah sinyal dikirim secar simultan melalui udara atau kabel. Proses memperkuat sinyal pada gelombang pembawa disebut  modulasi. Pengekstrakan sinyal pada gelombang pada pesawat penerima disebut demodulasi. Mtode modulasi adalah modulasi aplitudo, modulasi frekuensi dan modulasi fase.
3. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Pendidikan Luar Sekolah
1.Kemudahan Berkomunikasi
Dengan buatan TIK, setiap orang dapat berkomunikasi dengan cepat, murah dan efisien. Orang bisa menggunakan komunikasi tidak langsung seperti surat elektronis, komunikasi langsung melalui chatting, ataupun bertatap muka secara elektronis melalui videokonferensi.
2.Dukungan Pembelajaran
Banyak program komputer yang ditujukan untuk mempermudah orang dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun bahasa asing. dengan dukungan multimedia, ilmu-ilmu yang sering dianggap sulit dapat disajikan dalam bentuk atau cara yang membuat orang senang mempelajarinya. Sesuatu materi juga dapat dipelajari dengan komputer tanpa harus menginstal program karena program ditauh pada penyedia dan kita cukup mengunjungi situs webnya.

3.Peningkatan Produktivitas Kerja
TIK juga dapat digukana untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga pekerja dapat memberikan sumbangan berarti yang lebih banyak kepada institusi tempat mereka bekerja. Hal – hal yang menjemukan seperti melakukan perhitungan kredit dapat dialihkan ke komputer dan pekerja dapat memanfaatkan waktunya untuk berfikir ke hal0hal yang lebih produktif atau meningkatkan kreativitasnya sehingga lebih memberi manfaat bagi perusahaan.

Dalam bidang Ekonomi :
1.      Dapat melakukan  transaksi  pembelian  barang  secara  online  melalui  internet  (e-buy), perdagangan  barang  secara  elektronik  (e-commerce),  tanpa  kita  harus  ke  tempat tujuan.
2.      Dapat melakukan  perdagangan saham secara online (bursa efek)
3.      Dengan  adanya  internet  segala  jenis  transaksi  perdagangan maupun  bisnis dapat dilakukan, sehingga masyarakat dapat melakukan

4.Penghematan Biaya
Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk dengan lebih mudah dan meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai perusahaan bisa saling bekerja sama untuk bertukar informasi secara otomatis sehingga tidak perlu melibatkan orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat bekerja menggantikan peran manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan kualitas seragam bisa diperoleh.

5.Penghilangan Kendala Waktu
Dengan dukungan TIK, perusahaan dapat melayani pelanggan selama 24 jam sehari. Perusahan dapat mengoperasikan bisnis tanpa kendala waktu. Nasabah bank bisa mengambil uang kapan saja dengan cukup mendatangi mesin ATM. Bank pun tidak perlu menggaji tellet untuk bekerja 24 jam nonstop. Mobile banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi atau melihat saldo dari mana saja, Sekalipun mungkin ia sedang berada di hutan atau negara lain yang tidak menyediakan ATM bank bersangkutan

6.Peningkatan Layanan
TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. ATM, mobile banking, toko online merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan. Perbaikan layanan tersebut diharapkan mampu menjaga loyalitas pelanggan. Banyak pemerintah kita atau kabupaten yang menyelenggarakan e-gov dalam
rangka memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat atau pebisnis.

7.  Masyarakat lebih inovatif
a. Masyarakat  dapat  mengembangkan  sistem  perdagangan  mereka  dengan  e-commerce.
b. Jiwa dan semangat berwirausaha akan terus ada dan semakin tumbuh
c. Masyarakat dapat memperoleh  informasi tentang perkembangan daerahnya dan  belajar untuk mengembangkan potensi daerahnya sendiri.
d. Dengan dibentuknya tele-medicine, maka masyarakat dapat memperoleh informasi  tentang kesehatan.
e. Masyarakat dapat melihat berbagai kebutuhan daerah-daerah lain dan kemungkinan besar dapat memasarkan produk dari daerahnya ke daerah lain tersebut.

http://muhammadbahromshale.blogspot.co.id/2012/06/hakekat-teknologi-komunikasi.html
http://myblogulfa.blogspot.co.id/2015/03/12_11.html
Sutabri, Tata. 2014. Pengantar Teknologi Informasi.Yogyakarta: CV.Andi
Basuki, Sulistyo. 1998. Dasar-Dasar Teknoloi Informasi. Jakarata: UT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar