Minggu, 19 Februari 2017

ALAT PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TIK



Di Susun Oleh
Nama Anggota      
 Fazari Aprilia (15005083)
 Meri Asmita (15005071)
 Vina Safitri (15005101)
 Winda Nur Islami (15005102)
Dosen Pembimbing : Vevi Sunarti S.Pd, M.Pd
 Mata Kuliah : TIK PLS


JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
2017

A. TEKS
Materi  yang  disimpan  bisa  dalam  berbagai  jenis  file.  Pengajar-pengajar  yang  menggunakankomputer  akan  terbiasa  dengan  file  berbentuk  teks  misalnya  file  berekstensi  *.doc,  *.txt,  *.docx, *.xlsatau *.pdf.  Selain  berkas  teks,  materi  pembelajaran  pun  dapat  berupa  berkas  presentasi  (*.pptatau *.pptx). Untukitu, pembelajaranberbasis TIK memerlukan guru/dosen yang jugaharusmemahamiteknologi.Dan hal ini pun bisa menjadi kendala berat bila guru/dosen tidak memahami komputer beserta aplikasi dan internetnya.
Dalam proses pembelajaran guru/dosenbisamenggukan LCD atau In Fokus untuk memudahkan proses belajar mengajar.Tanpa harus capek mencatat didepan/ papan, begitupun juga dengan mahasiswa tidak harus mencatat apa yang menjadi bahan ajar tetapi cukupdikopysaja. Dengan demikian pembelajaran akan berjalan dengan efektif dan efisien.
Berikut contoh nya:   
1. doc 
sebagai contoh klik link di bawah ini
5. pdf
sebagai contoh klik link di bawah ini
      B. GAMBAR

     Pengguna komputer pun biasanya tidak asing dengan file-file gambar baik berupa foto atau gambar digital misalnya file berekstensi *.jpg, *.png, *.gif, *.bmp, *.tif.penggunaan gambar sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan oleh tidak banyaknya materi pembelajaran yang harus dituangkan dalam bentuk gambar.Tetapi dalam beberapa jurusan misalnya teknik, seni, dan permesinanakan membutuhkan gambar sebagai pendukung materinya.
1. jpg

2. png
sebagai contoh klik link di bawah ini
https://cepruddi.blogspot.co.id/2013/10/kumpulan-gambar-berformat-png_1.html
3. gif
sebagai contoh klik link di bawah ini
http://formatgambarani.blogspot.co.id/2015/04/format-gambar-jpgbmppnggif.html
4. pmb

sebagai contoh klik link di bawah ini
http://formatgambarani.blogspot.co.id/2015/04/format-gambar-jpgbmppnggif.html
5. tif

sebagai contoh klik link di bawah ini
http://www.weqsoft.com/1/images/tif.gif
      C.  ANIMASI
        Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara    beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.sebagai contoh klik link di bawah ini
D. SUARA
      Salah  satu upaya untuk mendapatkan materi pembelajaran  yang paling  mudah adalah merekam ceramah kemudian menyimpannya  di  dalam pembelajaran asinkronus  (berbasis teknologi informasi).  Pada saat ini pesawat pemutar  mp3  (mp3  player), pemutar mp4 (mp4 player), atau telepon selular dapat merekam sampai puluhan menit.
contoh mp4
          sebagai contoh klik link di bawah ini
      E. FILM
  Upaya lainnya yang dapat dilakukan adalah membuat film pembelajaran di kelas.Film pada saat ini dapat dibuat hanya dengan telepon selular ataupun dengan kamera.Pembuatan film dengan telepon selular lebih realistis karena filenya dapat langsung disimpan  (di-upload)  di  internet.
          sebagai contoh klik link di bawah ini














 

1 komentar:

  1. Baccarat, Cards, Poker, Gambling, Slots, Euchre, Poker
    Baccarat is a gambling game that originated in Asia and has been around since the early 1600s. It's a very popular gambling 바카라 사이트 casinopan game, and is widely

    BalasHapus